Hubungan Karakteristik, Pengetahuan dan Keterampilan Hidup (Life Skill) Remaja tentang Perilaku Berpacaran
Abstract
Pada masa remaja mereka akan mengalami masa yang penuh dengan perubahan, mereka harus dapat melewati masa transisi kehidupannya dengan baik dan tepat. Oleh sebab itu, agar remaja dapat melalui setiap transisi ini dengan baik salah satu syaratnya adalah memiliki keterampilan hidup (life skill). Keterampilan hidup (life skill) adalah kemampuan untuk berperilaku yang adaptif dan positif yang membuat seseorang dapat menyelesaikan kebutuhan dan tantangan sehari-hari dengan efektif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan karakteristik, pengetahuan dan keterampilan hidup (life skill) remaja mengenai perilaku berpacaran pada mahasiswa jurusan psikologi di Universitas Gunadarma tahun 2015. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan cross sectional, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 30 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengalaman berpacaran, pekerjaan orang tua, dan pengetahuan responden memiliki hasil p-value lebih besar dari 0,05 memberikan arti bahwa terdapat hubungan yang bermakna dengan perilaku berpacaran, sedangkan untuk usia, jenis kelamin, dan keterampilan hidup (life skill) tidak terdapat hubungan bermakna dengan perilaku berpacaran. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan kepada Universitas Gunadarma untuk bekerja sama dengan badan kesehatan seperti PKPR (Badan Kesehatan Peduli Remaja) untuk mendapatkan penyuluhan atau pengetahuan tentang kesehatan reproduksi.