Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Anak Usia 4-5 Tahun Setelah Mendapatkan Pendidikan Kesehatan Covid 19
Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Anak Usia 4-5 Tahun Sebelum dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Covid 19
Abstract
Cuci tangan dengan sabun merupakan cara sederhana dan murah untuk menahan virus dan pandemi Covid 19. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Perbedaan Perilaku Mencuci Tangan Anak Usia 4-5 Tahun Sebelum dan Sesudah Diberikan Pendidikan Kesehatan Tentang Covid 19 Pada Ibu Anak di TK AR RAHMAH Jakarta Selatan Tahun 2021. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional rancangan quasi eksperimental dengan menggunakan metode one group pre-test dan post-test. Populasi adalah Seluruh balita usia 4-5 tahun di TK AR RAHMAH Jakarta Selatan. Besar sampel dalam penelitian ini yaitu 52 Balita. Cara penentuan sampel dengan accidental sampling. Analisis yang dilakukan dengan univariat dan analisis bivariate menggunakan uji Paired T test. Hasil penelitian pada uji Paired T Test diperoleh hasil penelitian diperoleh hasil -t hitung < -t tabel (-12,546 < -1,675) hasil t hitung negatif berarti menunjukkan rata-rata sebelum lebih rendah daripada setelah edukasi. Hasil rata-rata pre-test adalah 58,17 dengan standar deviasi 14,145 dan setelah dilakukan edukasi, sedangkan hasil rata-rata post-test didapatkan 86,65 dengan standar deviasi 10,396 dan rata-rata mean 2,270 dengan nilai signifikansi P-value 0.000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan perilaku mencuci tangan anak usia 4-5 tahun sebelum dan sesudah diberikan pendidikan kesehatan tentang cuci tangan yang benar pada kondisi pandemi covid 19 pada ibu anak di TK Ar Rahmah. Saran penelitaian ini adalah anak usia sekolah harus mendapatkan pendidikan kesehatan tentang cuci tangan pakai sabun mulai dari rumah, sekolah, maupun intansi kesehatan.