EFEKTIFITAS PEMBERIAN EXPLANATION VIDEO DAN BOOKLET REGATAMA (REMAJA GAUL TANPA ANEMIA) TERHADAP KEPATUHAN MINUM TABLET BESI PADA REMAJA

Retno Sugesti, Gaidha Khusnul Pangestu

  • Rere Suges Universitas Indonesia Maju
  • Ghaida Khusnul Pangestu Universitas Indonesia Maju
Keywords: Remaja, Anemia, Video, Booklet, Intervensi

Abstract

Remaja putri merupakan salah satu kelompok yang rentan mengalami kekurangan zat besi karena sedang mengalami puncak pertumbuhan (peak growth). DKI Jakarta sebanyak 23% remaja putri mengalami anemia dan yang menerima Tablet besi (TTD) di DKI Jakarta mencapai 10,3%, namun angka ini masih lebih rendah jika dibandingkan dengan tingkat nasional di Indonesia, yang mencapai 12,4%. Salah satu strategi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan pemahaman remaja tentang anemia dan kemauan dalam meminum tablet besi adalah melalui edukasi menggunakan media video dan booklet. Adapun tujuan khususnya untuk mengetahui efektivitas pemberian explanation video dan booklet Regatama terhadap kepatuhan minum Tablet besi pada remaja di SMAN 38 Jakarta Selatan Tahun 2024. Metode quasi-experimental dengan desain case control pretest-posttest untuk mengetahui perbedaan pemahaman dan kepatuhan sebelum dan sesudah diberikan edukasi media video dan booklet. Sampel penelitian awalnya berjumlah 40 siswi, dengan 20 siswi dalam kelompok yang menerima video dan 20 siswi dalam kelompok yang mendapatkan booklet cetak warna. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dari sebelum dan sesudah diberikan intervensi video pretest mean : 12,60 menjadi posttest mean : 14,00. Sedangkan untuk kelompok booklet pretest mean: 13.20 menjadi posttest mean: 14,25. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada kepatuhan sebelum dan sesudah minum Tablet besi dengan kelompok video: Z: -2,828, Sig = 0,005 dan kelompok Booklet: Z: -3,165, sig = 0,002 Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat efektivitas dalam meningkatkan kepatuhan minum Tablet besi sebelum dan sesudah diberikan intervensi video dan booklet.

Published
2024-12-27