ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP APLIKASI KLINISIA DI PUSKESMAS
Lulu Yulyani, Fajar Saputra
Abstract
Aplikasi Klinisia merupakan aplikasi untuk menghubungkan pasien dengan Puskesmas, salah satu fitur yang disediakan adalah booking kunjungan. Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas Kesehatan No.050/4582-Sekret/VII/2018 menghimbau kepada Puskesmas untuk melakukan input layanan kesehatan secara realtime dan setiap hari dilakukan monitoring langsung oleh kepala Puskesmas. Hasil evaluasi penggunaan booking online Klinisia di Puskesmas Kota Tangerang yang dilaporkan oleh PT. Kawan Sehat Indonesia pada periode 01 Januari 2023–31 Agustus 2023 didapatkan proporsi Puskesmas yang aktif menggunakan aplikasi Klinisia sebanyak 16 Puskesmas (41%) dari 39 Puskesmas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi Klinisia di Puskesmas Kota Tangerang Tahun 2024. Penelitian ini menggunakan metode campuran (mixed methods) dengan pendekatan concurrent triangulation. Data primer dikumpulkan dengan cara wawancara, sementara data sekunder didapatkan dari literatur serta laporan evaluasi tahunan. Teknik pengambilan sampel kuantitatif menggunakan purposive sampling pada seluruh Puskesmas di Kota Tangerang. Instrumen penelitian terdiri dari kuesioner dan pedoman wawancara. Hasil penelitian yaitu Kepuasan Pengguna Aplikasi Klinisia dinilai cukup konsisten dengan rata-rata 12,32 dan standar deviasi 2,093. Model penelitian menunjukkan bahwa 65,1% dalam kepuasan pengguna dengan kualitas dukungan teknis sebagai faktor paling dominan (OR = 20,2; 95% CI OR = 9,134–45,054). Pengguna memiliki persepsi positif terhadap ketersediaan layanan dan kualitas dukungan teknis.
Copyright (c) 2024 Jurnal Ilmiah Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.