Kepuasan Ibu Pasca Persalinan Pengguna BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit

  • Ajeng Setianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju
  • Hidayani Hidayani Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Indonesia Maju
Keywords: Kualitas pelayanan, Word of mouth, Kepuasan

Abstract

BPJS Kesehatan saat ini telah berjalan selama 2 tahun, banyak permasalahan yang terjadi berkaitan dengan kepuasan pelanggan pengguna BPJS, salah satu ketidak puasan pelanggan pengguna BPJS terletak pada birokrasi atau Prosedur BPJS yang membuat pelanggan harus datang pada dini hari dan menemui antrian yang panjang, proses ini juga harus dilalui oleh ibu hamil yang diputuskan menjalani sectio caesar dimana pasien sudah dalam kondisi payah. Rumah SakitGraha Permata Ibu (RS.GPI) merupakan salah satu RS Swasta di Depok yang telah melayani pasien pengguna BPJS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan word of mouth dengan kepuasan ibu pasca persalinan pengguna BPJS kesehatan di ruang rawat inap kebidanan RS. Graha Permata Ibu Depok tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional dengan jumlah sampel 86 ibu pasca persalinan pengguna BPJS yang diperoleh melalui teknik accidental sampling di RS. GPI. Berdasarkan hasil analisis univariat didapatkan 48 pasien (55.8%) tidak merasa puas terhadap pelayanan dengan menggunakan BPJS. Berdasarkan hasil analisis bivariat     dengan  Chi-square diketahui  terdapat  hubungan  antara kualitas pelayanan (p value = 0.0001) dan word Of Mouth (p value = 0.0001) dengan Kepuasan Ibu Pasca Persalinan pengguna BPJS di ruang rawat inap RS. GPI Depok Tahun 2107. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap perbaikan sistem layanan BPJS di Indonesia (pada umumnya) dan pelayanan pada pasien pengguna BPJS khususnya pada pasien Ibu dan anak di RS.GPI,Depok

Published
2018-03-10