Kepuasan Ibu Pasca Persalinan Pengguna BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit
Abstract
BPJS Kesehatan saat ini telah berjalan selama 2 tahun, banyak permasalahan yang terjadi berkaitan dengan kepuasan pelanggan pengguna BPJS, salah satu ketidak puasan pelanggan pengguna BPJS terletak pada birokrasi atau Prosedur BPJS yang membuat pelanggan harus datang pada dini hari dan menemui antrian yang panjang, proses ini juga harus dilalui oleh ibu hamil yang diputuskan menjalani sectio caesar dimana pasien sudah dalam kondisi payah. Rumah SakitGraha Permata Ibu (RS.GPI) merupakan salah satu RS Swasta di Depok yang telah melayani pasien pengguna BPJS. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan antara kualitas pelayanan dan word of mouth dengan kepuasan ibu pasca persalinan pengguna BPJS kesehatan di ruang rawat inap kebidanan RS. Graha Permata Ibu Depok tahun 2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional dengan jumlah sampel 86 ibu pasca persalinan pengguna BPJS yang diperoleh melalui teknik accidental sampling di RS. GPI. Berdasarkan hasil analisis univariat didapatkan 48 pasien (55.8%) tidak merasa puas terhadap pelayanan dengan menggunakan BPJS. Berdasarkan hasil analisis bivariat dengan Chi-square diketahui terdapat hubungan antara kualitas pelayanan (p value = 0.0001) dan word Of Mouth (p value = 0.0001) dengan Kepuasan Ibu Pasca Persalinan pengguna BPJS di ruang rawat inap RS. GPI Depok Tahun 2107. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan terhadap perbaikan sistem layanan BPJS di Indonesia (pada umumnya) dan pelayanan pada pasien pengguna BPJS khususnya pada pasien Ibu dan anak di RS.GPI,Depok