Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Instalasi Radiologi Rumah Sakit Putri Hijau tahun 2017
Abstract
Penilaian konsumen pada kualitas pelayanan Rumah Sakit merupakan hal penting sebagai acuan dalam pembenahan pelayanan sehingga terciptanya suatu kepuasan pelanggan dan menciptakan suatu loyalitas dari konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien di instalasi radiologi Rumah Sakit Putri Hijau Tahun 2017. Jenis penelitian ini adalah survei yang bersifat kuantitatif dengan penelitian Cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien di instalasi radiologi Rumah Sakit Putri Hijau bulan Juli-Agustus Tahun 2017 dan sampel sebanyak 267 orang. Metode analisa data dengan cara analisis univariat, analisis bivariat dan analisis multivariat dengan uji regresi logistik ganda. Hasil penelitian secara statistik menunjukkan akses ke rumah sakit, kecepatan pelayanan, sikap petugas, lama waktu hasil radiologi, kenyamanan, jenis pasien dengan tingkat kepuasan pasien (p< 0.05). Hasil uji regresi logistik berganda diketahui variabel yang berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien adalah kecepatan pelayanan, sikap petugas, lama waktu hasil radiologi, dan jenis pasien. Kecepatan pelayanan merupakan faktor yang paling dominan berhubungan dengan tingkat kepuasan pasien. Disarankan pihak rumah sakit, membuat pelatihan kepada petugas kesehatan untuk meningkatkan kemampuan dalam melayani pasien agar pasien tidak menunggu lama, membuat papan pengumuman yang besar mengenai prosedur pelayanan di rumah sakit, dan dapat memberikan kepuasan utamanya dalam hal ini adalah kenyamanan, informasi, akses, dan waktu tunggu yang cepat untuk hasil radiologi sehingga pasien dapat memberikan penilaian jasa yang diberikan dan meningkatkan sikap yang ramah dan tanggap memberi informasi tentang pelayanan kesehatan