HUBUNGAN KEBIASAAN PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL PADA ANAK PRASEKOLAH
Abstract
Prevalensi di seluruh dunia terdapat 5-25% anak usia pra-sekolah mengalami gangguan perkembangan. Sekitar 9,5% sampai 14,2% anak prasekolah memiliki masalah sosial emosional yang berdampak negatif terhadap perkembangan dan kesiapan sekolahnya. Salah satu faktor yang mempengaruhi perkembangan sosial adalah penggunaan gedget yang terlalu sering. Penelitian ini bertujuan untuk Untuk mengetahui Hubungan Kebiasaan Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Prasekolah di TK Pelita 2 Desa Bayah Timur Kecamatan Bayah Tahun 2023. Jenis penelitian ini kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah Cross Sectional. Sampel yang digunakan sebenyak 44 orang dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Berdasarkan Uji Chi-square di dapatkan hasil p value = (0,004) <0,05. Angka tersebut menunjukan adanya hubungan antara penggunaan gedget dengan perkembanagan sosial anak di TK Pelita 2 Desa Bayah Timur Kecamatan Bayah Tahun 2023. Oleh karena itu, Agar tidak mengganggu perkembangan anak, orang tua sebaiknya membatasi penggunaan gadget pada anak serta mengajarkan anak untuk bersosialisasi dengan teman sebayanya