Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Rumah Sakit
Abstract
Konsekuensi dari ketidakpuasan pasien adalah menurunnya kunjungan. Berdasarkan data dari Rumah Sakit Ummi Bogor, telah terjadi penurunan kunjungan pasien pada akhir tahun 2017. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara tingkat pendidikan, jenis kelamin, usia, budaya, technical, interpersonal dan tangible terhadap kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ummi Bogor Tahun 2018. Metode penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan data primer dan sekunder. Subyek penelitian sebanyak 88 responden pasien rawat jalan di Rumah Sakit Ummi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proportional sampling. Analisis ini menggunakan univariat, bivariat dan multivariat. Hasil analisis univariat bahwa pasien rawat jalan yang puas dengan pelayanan kesehatan 69 orang (78,4%) dan yang kurang puasa 19 orang (21,6%). Hasil analisis bivariat menunjukan dari dari 7 ada 2 variabel yang memiliki hubungan bermakna dengan kepuasan pasien rawat jalan, yaitu: variabel technical (p-value=0,002) dengan nilai OR=7,636 dan variabel interpersonal (p-value=0,000) dengan nilai OR=8113. Hasil analisis multivariat varibel interpersonal merupakan variabel paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien (p-value=0,000) dengan nilai OR=8,113. Sebaiknya manajemen pelayanan rumah sakit, selalu meningkatkan mutu pelayanan baik dari segi technical maupun interpersonal untuk meningkatkan kepuasan pasien.