Hubungan Pengetahuan dan Sikap dengan Perilaku Ibu Menghadapi Anak Berkebutuhan Khusus
Abstract
Pendahuluan: Anak berkebutuhan khusus adalah anak yang secara signifikan berbeda dalam beberapa dimensi dari fungsi kemanusiaannya. Kurangnya penerimaan tentang kondisi anak dan kurangnya pengetahuan akan kebutuhan anak yang berkebutuhan khusus sering kali menyebabkan seseorang bersikap negatif terhadap anak tersebut. Tujuan: Tujuan penelitian adalah mengetahui adakah hubungan antara pengetahuan dan sikap dengan perilaku ibu menghadapi anak retardasi mental. Metode: Jenis penelitian ini adalah studi kuantitatif deangan desain korelasi deskriptif dan metode pendekatan cross sectional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 ibu yang memiliki anak berkebutuhan khusus (retardasi mental) di SLBC Dian Grahita. Analisis data menggunakan chi-square. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukan ada hubungan pengetahuan ( p value = 0,03 ) dan sikap (p value = 0,00) terhadap perilaku ibu menghadapi anak retardasi mental di SLBC Dian Grahita Jakarta. Kesimpulan: Ada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku ibu dalam menghadapi anak dengan retardasi mental.
Copyright (c) 2019 Fanny Dameria, Elisabeth Isti Daryati, Sada Rasmada
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.