Terapi Bermain Terhadap Perilaku Kooperatif Pada Anak Usia Pra Sekolah
Abstract
Dalam mengatasi dampak hospitalisasi pada anak, perawat memegang peran penting untuk membantu orang tua menghadapi permasalahan yang berkaitan dengan perawatan anak di rumah sakit. Fokus intervensi keperawatan yang dilakukan adalah meminimalkan stressor, memberikan dukungan psikologis pada anak. Dengan menggunakan terapi bermain tekhnik bercerita. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh terapi bermain dengan teknik bercerita terhadap dampak perilaku kooperatif anak usia prasekolah umur 3-6 tahun, paling banyak pada kelompok usia 4 tahun yaitu 10 orang di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pre experiment dimana one group pre test dan post test, dengan populasi sebanyak 40 responden. Metode penelitian one sample T test dengan sampel dalam penelitian ini sebanyak 30 responden. Menunjukkan nilai p value= 0,000 (<0,005). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh terapi bermain terhadap tingkat kooperatif anak usia prasekolah. Berdasarkan jenis kelamin responden perempuan lebih banyak yaitu 18 responden
Copyright (c) 2017 Vera Apriani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.