Perkembangan Anak Usia Sekolah di Sekolah Dasar Negeri dan Sekolah Dasar Islam Terpadu
Abstract
Anak usia sekolah mulai mampu menggunakan logika, beradaptasi, dan bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Lingkungan sekolah dasar merupakan sarana untuk perkembangan anak usia sekolah. Sekolah dasar swasta dengan berlandaskan islam diharapkan mampu membantu perkembangan anak selain cerdas, anak mampu berpikir kreatif, mandiri dan berakhlak mulia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan perkembangan anak usia sekolah di SDN dan SDIT. Desain penelitian menggunakan cross sectional komparatif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas 5 di SDN Cipedak 04 Pagi berjumlah 85 siswa dan SDIT Al-Azhar Jagakarsa berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling dengan sampel 70 siswa di SDN Cipedak 04 Pagi dan 64 siswa di SDIT Al-Azhar Jagakarsa. Hasil p value=0,006 menunjukkan ada perbedaan perkembangan usia anak sekolah di sdn dan sdit. Penelitian ini direkomendasikan untuk orang tua dalam pemilihan sekolah dan guru dapat memberikan stimulasi dan evaluasi perkembangan anak.
Copyright (c) 2017 Sulih Ristiyani Ayu Saputri, Aisyah Safitri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.